Pages

Rabu, 13 Maret 2013

Cara Menyampul Buku

Bagi Anda yang memiliki buku, berikut ini ada sedikit tips cara menyampul dan merawat buku agar tidak mudah rusak. 

Menyampul buku

1. Sebaiknya menyampul buku dengan plastik kaca polos (tidak bercorak), dengan ketebalan yang tidak begitu tebal juga tidak tipis. Biasanya ukuran pertengahan cocok digunakan untuk buku sebab lebih lentur tetapi tidak mudah koyak. 

2. Saat menyampul, jangan sekali-kali menggunakan stepler sebab buku bisa bolong-bolong nantinya. Gunakan selotip bening yang berukuran kecil atau sedang, sehingga jika ingin mengganti sampul, Anda dengan mudah bisa melepaskannya. 

3. Sampullah buku dengan teliti dan rapi. 

4. Di banyak toko buku besar, tersedia juga model plastik sampul dengan metode press seperti laminating. Model sampul ini cocok untuk buku-buku jenis text book atau kitab yang ukurannya tebal dan akan digunakan sebagai referensi dalam jangka waktu lama. Tetapi harus diingat juga, menggunakan plastik laminating sampul ini tidak akan bisa dilepas lagi nantinya karena jika dilepas buku akan rusak. 

Saran saya, sebaiknya menggunakan plastik biasa saja sehingga nanti ketika plastik sudah menguning dalam waktu lama, kita bisa menggantinya dengan plastik baru.

0 komentar:

Poskan Komentar